Fungsi Pengemasan Makanan

Sabtu, 21 Oktober 2017

 Sebagian besar makanan yang kami konsumsi sehari-hari tentu rutin dikemas dengan rapi. Tujuan awal pengemasan merupakan sebagai perlindungan, mencegah gangguan, ataupun dengan tujuan khusus untuk kebutuhan biologis, fisik, maupun kimia. seiring dengan perkembangan jaman pengemasan dibekali dengan label untuk menampilkan info nutrisi pada makanan yang dikonsumsi.

Fungsi Pengemasan Makanan
 
Kemasan mempunyai berbagai manfaat antara lain:

1. Perlindungan Fisik
Kita tak jarangkali menonton foto yang terlampir dalam paket ataupun kemasan sebuahproduk. Tujuannya merupakan menginformasikan terhadap konsumen bahwa barang tersebut membutuhkan perlindungan terhadap getaran, suhu yang ekstrim, paparan sinar matahari dengan cara langsung dll.

2. Batas Perlindungan

Batas perlindungan yang dimaksud merupakan perlakuan khusus pada produk dari oksigen, uap air serta debu. Kemasan yang mencegah masuknya oksigen bisa membikin produk menjadi lebih awet. Sedangkan mempertahankan tekanan dalam kemasan makanan bermanfaat untuk menjaga supaya makanan masih steril, lebih segar serta menjaga kandungan nutrisi di dalam produk.

3. Aglomersi

Untuk produk-produk dengan ukuran yang kecil, umpama saja yang berupa bubuk (tepung, garam) serta granular (biji-bijian), dimasukkan ke dalam satu wadah sesuai dengan kelompoknya untuk meningkatkan efisiensi.

4. Pemberian Informasi

Kemasan yang berlabel berfungsi untuk memberbagi info bagaimana tutorial mengguanakan produk, daur ulang produk, maupun distribusi produk.

5. Pemasaran

Kemasan serta label bisa dipakai oleh pemasar untuk mendorong calon pembeli untuk membeli produk. Tampilan produk sudah menjadi fenomena penting serta semakin berkembang selagi berbagai dekade. Komunikasi pemasaran serta tampilan grafis diterapkan pada kemasan produk serta display penjualan.

6. Keamanan

Kemasan bisa mempunyai peran penting dalam mengurangi risiko keamanan saat pengiriman. Kemasan bisa direkayasa untuk menolong mengurangi risiko pencurian paket: Berbagai konstruksi paket lebih tahan terhadap pencurian. Kemasan mungkin tergolong bukti otentikasi untuk menolong menunjukkan bahwa produk tak palsu.

7. Keenjoyan

Paket bisa mempunyai fitur yang meningkatkan keenjoyan dalam distribusi, penanganan, penumpukan, tampilan, penjualan, membuka, reclosing, memakai, serta pemakaian kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. obatalamipenyakit.com.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License