Hasilnya Bikin Puas, Ini 5 Teknik Cetak Baju yang Berkualitas

Sabtu, 07 Desember 2019


Tak bisa dipungkiri, usaha percetakan baju saat ini memang sedang laris manis. Umumnya, jasa cetak baju digunakan untuk mencetak baju borongan, khusus untuk suatu kelompok, ikatan atau perkumpulan. Teknik dalam mencetak baju ini sendiri tak melulu hanya sablon manual saja, namun ada beragam jenisnya. Berikut 5 teknik mencetak baju yang telah diakui kualitas hasilnya.
Hasilnya Bikin Puas, Ini 5 Teknik Cetak Baju yang Berkualitas
1.   Teknik Sablon Manual atau Screen Printing
Teknik cetak yang paling awal digunakan dan masih bertahan hingga kini tentu saja adalah teknik sablon manual. Teknik ini dikenal juga dengan istilah screen printing. Sebagai teknik percetakan manual, tentu banyak peralatan yang dibutuhkan untuk bisa mencetak desain pada baju. Beberapa peralatan yang digunakan seperti screen, frame, busa, kaca bening, lampu, tinta sablon, dan rakel.
Proses pencetakan desain pada bajunya pun harus dilakukan di ruangan gelap. Teknik ini terbilang memakan banyak waktu, terutama jika pesanan baju lumayan banyak. Walaupun begitu, teknik sablon manual ini masih sering digunakan karena biaya produksinya yang lumayan murah dibandingkan dengan teknik lainnya. Desain yang bisa dicetak pada baju pun cenderung lebih beragam.
2.   Teknik DTG (Direct to Garment)
Beranjak ke teknik printing digital, ada DTG atau Direct to Garment. Teknik ini memanfaatkan mesin printer untuk mencetak langsung desain pada garmen atau baju. Kaus polos akan dimasukkan ke dalam printer DTG, lalu desain yang telah tersedia di komputer akan langsung tercetak di kaus tersebut. Proses pencetakan desain pada baju pun jadi lebih cepat dibanding teknik manual.
3.   Teknik Sublimasi
Selanjutnya, ada teknik sublimation atau sublimasi yang digunakan untuk mencetak desain pada baju. Proses pencetakan tersebut dilakukan melalui transfer paper yang sudah dicetak pada printer dengan menggunakan tinta sublim. Dengan menggunakan mesin press khusus, desain pada transfer paper akan ditempelkan pada baju. Teknik ini cocok diaplikasikan pada baju berwarna cerah.
4.   Teknik Heat Press Printing
Hampir sama dengan teknik sublimasi, namun transfer paper yang digunakan pada teknik ini khusus untuk mesin heat press. Transfer paper khusus ini akan ditempelkan pada baju dengan menggunakan mesin heat press. Tinta sablon pada transfer paper kemudian akan melekat pada baju. Teknik ini tak hanya bisa digunakan pada baju berwarna cerah, namun juga yang berwarna gelap. 
5.   Teknik Vinyl Cutting
Teknik vinyl cutting terbilang sederhana, Anda hanya perlu menempelkan stiker vinyl yang berisikan desain pada permukaan baju. Tak dibutuhkan tinta sablon pada teknik ini, stiker hanya perlu ditempelkan pada permukaan baju, lalu ditekan menggunakan mesin heat press. Bahan stiker vinyl banyak tersedia di pasaran dan desainnya bisa dicetak menggunakan mesin cutter.
Itulah tadi 5 teknik yang sering digunakan untuk cetak atau printing baju. Berbeda teknik yang digunakan, tentu akan berbeda pula kualitas hasilnya. Maka dari itu, baiknya Anda mempertimbangkan dengan baik, sebelum memilih teknik percetakannya. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan jenis bahan baju yang cocok untuk teknik percetakan baju yang akan dipilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. obatalamipenyakit.com.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License